pembelajaran deduktif


Nama : ZAKIA
Nim : 09 303 720
Kelas : B
Tugas : Makalah Strategi Pembelajaran

PENDEKATAN DEDUKTIF
            Pendekatan deduktif (deductive approach) adalah pendekatan yang menggunakan logika untuk menarik satu atau lebih kesimpulan (conclusion) berdasarkan seperangkat premis yang diberikan. Dalam sistem deduktif yang kompleks, peneliti dapat menarik lebih dari satu kesimpulan. Metode deduktif sering digambarkan sebagai pengambilan kesimpulan dari sesuatu yang umum kesesuatuyangkhusus.
 Pendekatan deduktif merupakan proses penalaran yang bermula dari keadaan umum ke keadaan khusus sebagai pendekatan pengajaran yang bermula dengan menyajikan aturan, prinsip umum dan diikuti dengan contoh contoh khusus atau penerapan aturan, prinsip umum ke dalam keadaan khusus.
PEMBELAJARAN DEDUKTIF
Pembelajaran deduktif adalah model pembelajaran yang merupakan imbangan yang sangat dekat bagi model pembelajaran induktif. Keduanya dirancang untuk mengajarkan konsep dan generalisasi, mengandalkan contoh dan bergantung pada keterlibatan guru secara aktif dalam membing siswa. Perbedaan terletak pada urutan kejadian selama pembelajaran, keterampilan berbipir termasuk proses berpikir, cara memotivasi dan waktu yang diperlukan serta biasanya pada pembelajaran pendekatan deduktif seorang guru harus lebih aktif daripada siswanya. Pembelajaran dilakukan dengan cara ceramah, Tanya jawab, dan simulasi.
 Ciri-ciri  pembelajaran deduktif adalah :
 a) Berorientasi pada materi
            b) Berstruktur tinggi
 c) Penggunaan waktu yang lebih
 d) Efisien
 e)Kurang memberi kesempatan untuk belajar sewaktu-waktu.
Contoh  pembelajaran deduktif adalah :
            1) Menyatakan abstraksi
 2) Memberi ilustrasi
            3) Aplikasi
            4) Penutup
 Kelebihan :
   Cara yang mudah untuk menyampaikan isi pelajaran.
   Menjimatkan masa dan tenaga, tidak perlu membuat banyak persediaan.
   Pendekatan ini patut dan sesuai digunakan oleh kerena secara tradisinya, guru patut  memberikan penerangan sebelum memulai pengajaran dan pembelajaran.

Sebaliknya yang disebut pendekatan deduktif adalah pembelajaran yang dimulai dengan memberikan sesuatu yang bersifat umum, kemudian peserta didik diminta memeberikan contoh- contoh yang sesuai dengan pernyataan semula. Pembelajarn akan mudah diingat oleh siswa jika disertai dengan contoh-contoh konkrit yang dapat dialami dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran akan efektif jika disesuaikan dengan lingkungan siswa dalam kesehariannya sehingga mudah dipahami.
. Langkah-langkah yang dapat tempuh dalam model pembelajaran dengan pendekatan deduktif dijelaskan sebagai berikut :
(1) guru memilih konsep, prinsip, Inisiasi atau  aturan yang akan disajikan,
(2) guru menyajikan aturan, prinsip yang berifat umum, lengkap dengan definisi dan contoh-contohnya,
(3) guru menyajikan contoh-contoh khusus agar siswa dapatmenyusun hubungan antara keadaan khusus dengan aturan prinsip umum yangdidukung oleh media yang cocok,
(4) guru menyajikan bukti-bukti untuk menunjang atau menolak kesimpulan bahwa keadaan umum itu merupakan gambaran darikeadaan khusus




0 Response to "pembelajaran deduktif"

Posting Komentar