Jangan Lupa Kunjungi Air Terjun Cunca Rami Ketika Berada di Flores

Pemandangan Air Terjun Cunca Rami/foto: wisatafloreskomodo.blogspot.com
Menginspirasi.com - Anda ingin berenang di kolam alami? Kunjungilah air terjun Cunca Rami. Air terjun Cunca Rami adalah salah satu dari tiga air terjun di tengah hutan tropis Flores yang ekstotis dan alami di kawasan Manggarai Barat. Cunca berarti air terjun, dan ramai berarti huta. Air terjun ini berada di kawasan Hutan Mbeliling, air terjun ini merupakan atraksi ekowisata utama bagi hutan yang berfungsi sebagai sumber air di daerah tersebut. Kota Labuan, ibukota Kecamatan Komodo memanfaatkan air tersebut. Nikmati suara air terjun serta udara yang masuk ke dalam paru-paru Anda.

Lokasi

Air terjun Cunca Rami berjarak sekitar 30 kilomter dari kota Labuan Bajo-ibukota Manggarai Barat. Dari ibukota Manggarai Barat menuju Desa Cunca Lolos sekitar satu jam. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih satu jam.

Peta dan Koordinat GPS: 8° 36' 57.55" S  119° 58' 42.65" E.

Transportasi 

Tersedianya transportasi merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan ketika sedang bepergian.

Ke Labuan Bojo: Menggunakan pesawat terbang. Pilihan penerbangan menggunakan TransNusa (bekerja sama dengan Aviastar), penerbangan sebanyak dua kali, berangkat dari Bali pukul 08.00-12.00 WIB siang tiba di Labuan Bojo dengan penerbangan selama 1 jam.Batavia Air dari Denpasar-Labuan Bojo mulai pukul 09.00 WIB. Batavia Air dengan rute Surabaya-Denpasar-Kupang-Maumere-Kupung, penerbangan menuju Maumere tiap haru Selasa, Kamis, Jumat dan Minggu. Merpati melayani penerbanga Kupang-Maumere sedangkan Garuda Indonesia hanya melayani Jakarta-Kupang.

Tiba di Labuan Bojo, perjalanan menggunakan mobil selama 1 jam (kurang lebih 30 Km), Anda bisa menyewa mobil yang dihitung per hari, hotel bisa mencarikan Anda mobil sewaan yang diinginkan, jalan menuju desa Concon relatif baik (beraspal), tapi siap-siaplah menghadapi jalan berkelok-kelok. Pemandangan dalam perjalanan benar-benar hijau memanjakan mata Anda.

Tiba di depan hutan tropis Flores, Anda akan segera memulai petualangan dengan melakukan trekking (trekking adalah berjalan kaki di daerah yang biasanya tidak ada sarana transportasi).

Aktivitas

Setiba di depan pintu gerbang hutan, segera bersiap untuk trekking. Berjalan kaki membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke serta meningkatkan kemampuan otak, menurut studi yang dilakukan oleh National Council of Aging, berjalan kaki 45 menit setiap hari dapat membuat otak lebih tajam dan meningkatkan kewaspadaan.

Trekking dilakukan selama 45 menit-1 jam. Ketika menuju lokasi air terjun, jalur yang dilalui adalah menurun, tidak seperti air terjun lain pada umumnya.

Rekomendasi:
Pesawat TransNusa ke Labuan Bojo Flores
Temukan Hotel di Labuan Bojo-Flores

Penulis: +Patrick Galugu

0 Response to "Jangan Lupa Kunjungi Air Terjun Cunca Rami Ketika Berada di Flores"

Posting Komentar