Tips Mengoptimalkan Cara Belajar yang Baik dan Benar

Belajar bukanlah hal asing di kehidupan kita, terutama kita yang masih duduk di bangku sekolah, namun dibalik semua itu banyak diantara kita yang rajin belajar tetapi belum tentu memahami suatu materi atau pelajaran tersebut.



Foto oleh Freedigitalphotos.net

Berikut adalah beberapa tips mengoptimalkan cara belajar yang baik dan benar

1. Berdoa

Banyak diantara kita yang menyepelekan berdoa sebelum dan sesudah belajar. Belajar yang diawali dan diakhiri dengan doa akan membuatmu lebih mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa, sehingga membuat kamu lebih tenang dan rileks, bagaimanapun kita sebagai manusia memiliki kemampuan yang terbatas, berusahalah semampu kamu kemudian hasilnya serahkan kepada Tuhan. 

2. Tipe Belajar

Mengenali tipe belajarmu, jika kamu menyukai cara belajar yang mengandung gambar atau visual maka pelajarilah detail gambar tersebut dan terjemahkan ke pelajaran yang sedang kamu pelajari, ini akan mempermudah kamu memahami suatu persoalan atau pelajaran tersebut. 

3 Kenyamanan

Belajarlah Senyaman Mungkin, Carilah tempat yang menurut kamu nyaman tanpa ada gangguan, Jika kamu tipe orang yang suka mendengarkan musik, dengarkanlah musik yang tidak kamu kenal, ketika kamu sedang belajar dan mendengarkan lagu yang kamu suka. kamu akan terbawa dan ikut bernyanyi pada  lagu yang kamu suka tersebut kamu tidak akan fokus pada apa yang kamu pelajari   


4. Imbangi Waktu Belajar dengan Jeda

Belajar merupakan proses dimana ilmu yang dulunya kita tidak tahu sekarang menjadi tahu, bagaimanapun belajar terkadang membuat kita lelah, letih, hingga bosan, apalagi pelajaran yang kamu tidak sukai (fisika misalnya) akan membuat otakmu menjadi blank dan membuatmu kehilangan konsentrasi dan lebih sulit untuk memahami pelajaran tersebut, untuk itu imbangi belajar kamu dengan jeda atau berhenti sejenak, lakukan apa yang kamu sukai, agar otak dan pemikiran anda segar kembali. 

Kamu bisa menerapkan cara belajar ala Finlandia yaitu 45 menit belajar dan 15 menit istirahat, hal tersebut memungkinkan kamu bisa kembali fokus belajar setelah instirahat 15 menit. Oh ya... hasilnya siswa Finlandia mendapat skor tertinggi dalam penguasaan matematika dan sains dibanding semua negara di dunia. 

5. Catat Hal yang Menurutmu Penting

Tujuan mencatat adalah untuk meringkas pelajaran  agar lebih mudah dipahami. Catatlah pelajaran yang menurutmu penting, dengan kata-kata sendiri agar lebih mudah dipahami, kuncinya adalah meringkas pelajaran se-detail mungkin dan tidak meninggalkan informasi yang penting. 

6. Diskusi kelompok

Secara tidak sadar diskusi kelompok akan membuat otak kita lebih mudah memahami pelajaran  dan meningkatkan kemampuanmu berpikir untuk mengatasi atau memecahkan masalah dalam suatu keterbukaan, dan keuntungan yang lain kamu dapatkan dari diskusi kelompok adalah tidak akan grogi ketika berbicara di depan umum.



Foto oleh Freedigitalphotos.net

7. Tekat dan Keyakinan yang Besar

Tekat dan keyakinan yang kuat merupakan pondasi awal untuk mengoptimalkan belajar yang baik dan benar, karena jika tidak memiliki kedua pondasi dasar tersebut materi/pelajaran yang anda pelajari akan memakan waktu yang lama untuk memahami pelajaran tersebut.

0 Response to "Tips Mengoptimalkan Cara Belajar yang Baik dan Benar"

Posting Komentar