Tumbuh-Tumbuhan dalam Alkitab

Ada banyak tumbuhan dalam alkitab, orang-orang pada zaman itu menggunakannya untuk banyak hal seperti wangi-wangian, bahan bangunan, bahan yang digunakan imam-imam, sampai tumbuhan berduri yang digunakan untuk mahkota Tuhan Yesus saat akan disalibkan. Tumbuh-tumbuhan tersebut ada yang bisa hidup di Indonesia ada juga yang tidak hidup di Indonesia. Tumbuhan-tumbuhan itu seperti: 

1. Pohon aras/ Cedar (Cedrus)

Pohon aras sering disebutkan dalam alkitab dan melambangkan sesuatu yang megah dan kuat. Pohon ini banyak tumbuh di Israel terutama di Libanon ditemukan juga di Siria dan Turki. Tingginya dapat mencapai 40 m dan diameter batangnya dapat mencapai 3m.
Karena kekokohannya (Yeh 31: 3) di dalam alkitab kayu aras ini digunakan sebagai bahan bangunan seperti bait suci yang dibangun oleh raja Salomo (1Raja-raja 5:6-10).
2. Pohon Ara / Fig Tree (Ficus Carica)

Kisah yang paling terkenal dari perjanjian baru saat Tuhan mengutuk pohon ara yang tidak menghasilkan buah (Mat 21:18-20). Pertama kali disebutkan dalam alkitab pada kejadian 3:7, daun dari pohon ara digunakan oleh Adam dan hawa untuk membuat penutup tubuh.

Pohon ara adalah pohon terakhir di Timur tengah yang menghasilkan daun pada musim semi. Sementara pohon almond dan pohon lain yang berganti daun sedang lebat, pohon ara baru mulai mengeluarkan daun. Tuhan membuat perumpamaan tentang pohon ara berdasarkan fakta ini (Markus 13:28-29).
3. Hisop / Hyssop (Origanum Syriacum)

Hisop adalah tumbuhan herbal pada perjanjian lama digunakan oleh imam-imam untuk pentahiran (imamat 14:4,49), juga untuk menyapukan darah pada ambang pintu tiap rumah orang Israel ketika masih di tanah Mesir.    
4.  Lili / Lily (Lilium Candidum)

Bunga lily dijadikan perumpaman oleh Tuhan sebagai bunga yang tanpa bekerja dan memintal namun tetap diberi keindahan oleh Tuhan (Mat 6:28). Bunga bakung ini bisa tumbuh di Indonesia dan biasa kita lihat sebagai tanaman hias taman rumah.
5. Pohon Palem / Palm Tree (Phoenix Dactylifera)

Pohon palem menandakan hal yang baik dan kebijaksanaan. Dalam perjanjian lama (Yeh 41:16-18) pohon palem diukir bersama malaikat, dan bunga pada dinding bait suci yang menandakan segala yang baik berasal dari Tuhan.

Saat Tuhan Yesus mengendarai keledai menuju Yerusalam Dia disambut oleh orang-orang dengan meletakkan palem di jalan (Yoh 12:13).
Penulis: +Novia Tonapa  

0 Response to "Tumbuh-Tumbuhan dalam Alkitab "

Posting Komentar