Manfaat Air Putih dan Pelestarian Air Dari Hal Sederhana

Air Bersih/Foto: Patrick Galugu
Air merupakan bagian dari kehidupan manusia yang paling penting, air menempati komposisi 70% dalam tubuh manusia dan menjadi zat terpenting kedua setelah oksigen. Dengan rincian, air menempati 90% struktur otak, 85% paru-paru. 75% jantung, 86% hati, 83% ginjal, 75% otot, dan 90% darah. Apa yang terjadi ketika tubuh kita tidak mendapat asupan air putih yang cukup? Tubuh akan mengalami dehidrasi, akibatnya tubuh tidak berfungsi dengan normal. Penyakit yang timbul seperti infeksi saluran kemih dan batu ginjal, bagi pelajar dan mahasiswa kekurangan air putih bisa membuat otak kurang konsentrasi dan tidak bisa menangkap pelajaran dengan baik.

Fakta Penelitian Air Putih di Indonesia

Pada tahun 2009 The Indonesian Regional Hydration Study (THIRST) dipimpin oleh  Prof. Dr. Ir. Hardinsyah MS mengeluarkan hasil penelitiannya, ternyata sebanyak 46,1 persen dari 1.200 penduduk Indonesia di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan mengalami dehidrasi ringan.

Sedangkan jumlah remaja yang mengalami dehidrasi ringan lebih tinggi dibanding orang dewasa, yaitu 49,5 persen banding 42,5 persen. Penelitian tersebut menemukan pula tingginya angka dehidrasi disebabkan oleh rendahnya pengetahuan para responden akan fungsi air bagi tubuh.

“Penelitian ini dibagi di dua daerah, yaitu daerah dataran tinggi dan daerah dataran rendah. Mereka dilihat perbedaannya dalam mengonsumsi air. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa air seni mereka berwarna cokelat tua dan cokelat muda. Ini menandakan mereka mengalami mild dehydration,” kata Dr Regina Karim, Health Marketing Director Danone, saat konferensi pers acara “Temu Media AQUA 2010″ di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, Rabu (13/1/2010).

International Marathon Medical Directors Association (IMMDA) menyarankan agar kita sebaiknya mengonsumsi air minum saat kita merasa haus dan dahaga, mengonsumsi air minum secukupnya dan tidak berlebihan, ukurannya tidak lebih dari 0.03 liter per kg berat badan. Jadi, misalnya seseorang memiliki berat badan 50 kg, konsumsi air minum yang diperbolehkan untuk orang tersebut tidak lebih dari 1.5 liter per hari.

Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Sangat dianjurkan ketika bangun pagi minum air putih karena di pagi hari tubuh kita terbangun dari instirahat dan proses pemulihan semalaman. Selain itu air putih juga memiliki banyak manfaat lainnya. Abby Phon seorang penulis buku internasional terlaris memaparkan 10 manfaat air putih berikut ini:

1. Air Putih Menambah Energi dan Meredakan Kelelahan. Otak manusia mengandung 75 % air, minum air putih membantu Anda berpikir, fokus serta berkonsentrasi lebih baik dan lebih waspada. Bonusnya, energi Anda juga bisa bertambah dengan air putih.

2. Mengurangi Berat Badan. Mengurangi kadar lemak dalam tubuh, mengurangi asupan makan (mengisi perut Anda dengan air jika dikonsumsi sebelum makan), mengurangi rasa lapar (penekan nafsu makan alami!), Meningkatkan metabolisme tubuh Anda dan tanpa kalori.

3. Mengeluarkan Racun. Mengeluarkan racun melalui keringat dan buang air kecil. Hal tersebut mengurangi risiko kena batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

4. Memperbaiki warna kulit. Air mampu melembapkan kulit, tetap segar, lembut, nampak bercahaya,  dan lembut. Menghilangkan kerutan. Merupakan perawatan anti aging/anti penuaan terbaik.

5. Menjaga keteraturan. Air membantu pencernaan, air sangat penting dalam proses pencernaan makanan dan mencegah terjadinya sembelit.

6. Meningkatkan Sistem Imun. Orang yang suka minum air putih sedikit kemungkinan menjadi sakit. Minum air putih membantu melawan flu, kanker, dan penyakit lainnya seperti sakit jantung.

7. Obat Alami Sakit Kepala. Membantu meredakan dan mencegah sakit kepala (migrain dan kembali sakit) yang umumnya disebabkan oleh dehidrasi.

8. Mencegah Kram dan terkilir. Hidrasi membantu pelumasan sendi dan otot lebih elastis sehingga mengurangi nyeri pada sendi.

9. Membantu Suasana Hati Lebih Bahagia. Ketika tubuh sedang berfungsi sangat baik karena asupan air putih, Anda akan merasa bahagia.

10. Hemat Uang. Selain menyehatkan, minum air putih memang lebih hemat dibanding minum kopi atau juice. Aqua salah satu minuman dalam bentuk gelas plastik, botol, dan galon.

Agar mencapai 10 hal tersebut, maka air putih yang kita minum sebaiknya benar-benar bersih. Berbahaya jika air yang kita minum terkontaminasi dengan berbagai zat beracun dan terkontaminasi dengan bakteri yang merugikan manusia, misalnya karena air sumur dekat dengan toilet, maka bakteri e-coli bisa masuk ke ke sumur melalui pori-pori tanah.  Bakteri e-coli yang berlebihan dalam tubuh manusia bisa mengakibatkan diare, dan bila bakteri ini menjalar ke sistem/organ tubuh yang lain dapat menyebabkan infeksi. Jarak yang ideal antara sumur dengan WC (septitank) paling sedikit berjarak 10 meter.

Langkah Sederhana Menjaga Kualitas Air

Air bersih alami di sekitar kita sangatlah penting, banyak dari kita masyarakat Indonesia menggunakan sumur bor atau membuat sumur air. Agar air-air tersebut tetap terjaga kebersihannya dan lingkungan sekitar kita tetap terjaga, maka perlu dilakukan perawatan terhadap air sendiri. Berikut adalah langkah sederhana yang bisa Anda lakukan.

Mendaur Ulang Barang Bekas

Barang-barang bekas yang kita miliki di rumah kadang dibuang ke sungai, makanan dalam kemasan plastik dibuang begitu saja ke sungai. Hal ini membuat efek buruk bagi air dan tanah. Plastik bisa didaur ulang menjadi kerajinan tangan vas bunga, mengajak anak akan lebih menyenangkan, sekaligus mengajak mereka berfikir kreatif.

Mengelola Bahan Kimia dengan Benar

Bahan-bahan kimia yang berbahaya seperti cat, bekas oli motor jangan dibuang sembarang. Jangan pernah membuangnya di sungai, got, maupun tempat pembakaran sampah ataupun tanah. Oli bekas mengandung Hydro karbon, juga sufur yang akan sangat berbahaya apabila terurai di tanah atau air. Pengelolaan oli dengan benar sudah dilakukan di berbagai negara. Anda bisa mengelola oli dengan melakukan hal sederhana, Anda hanya perlu mengumpulkan oli bekas dan memasukannya ke dalam wadah yang tertutup. Anda kemudian bisa memberikannya ke tempat daur ulang oli bekas agar segera diolah, agar oli tersebut tidak berbahaya bagi lingkungan.

Bijaksana Menggunakan Air

Jangan menggunakan air dari shower terlalu lama, para ahli merekomendasikan mandilah menggunakan air shower selama 5 menit bukan selama 10 menit, tindakan tersebut menghemat 12,5 galon. Matikan keran setelah selesai mandi. Sebaiknya gunakan ember ketika membersihkan mobil. Pemborosan air terjadi saat menggunakan selang sebab Anda tidak bisa membatasi penggunaan air.

Menjaga Lingkungan

Hari jumat biasanya diadakan kerja bakti tingkat RT/RW atau desa, sebaiknya berikan rekomendasi kepada ketua RT atau kepala desa agar masyarakat bersama-sama mebersihkan sampah di sungai, pantai, atau sepanjang jalan. Hal kecil lainnya di rumah dengan membuang sampah pada tempatnya, membuang sampah di taman membahayakan tanaman dan tanah tersebut.

Tanamlah Pohon

Hutan kecil sepanjang aliran air bertindak sebagai penyaring, menanam pohon di sepanjang sungai dapat menjaga saluran air tetap bersih. Seperti yang dilakukan di Kebumen, menyelamatan dan pelestarian sumber mata air dengan menanam 3 ribu lebih bibit tanaman keras di sekitar sumber mata air Bunyumudal, Pelem dan Telaga, di Desa Banyumudal, Kecamatan Buayan. Penanaman melibatkan Forum Daerah Aliran Sungai (Forum DAS) Kebumen serta masyarakat setempat.

Itulah beberapa hal yang perlu dilukan agar tubuh kita tetap sehat dengan sadar minum air putih secukupnya serta menjaga kualitas air di sekitar kita tetap bersih.

Referensi:
Doktersehat.com
Mindbodygreen.com
National Geographic
Bangjuju.com
Nrdc.org
Facebook

0 Response to "Manfaat Air Putih dan Pelestarian Air Dari Hal Sederhana"

Posting Komentar